Friday, August 06, 2004

membersihkan eksterior mesin

mencuci mesin itu perlu, terlebih kalo:
1) mobil mo dijual, karena calon pembeli pasti liat2 mesin
2) mobil sering jajan, babeh/emak atawa bini bisa nyalahin kita karena kita nggak resik ngerawat mesin mobil
3) bete liat mesin mobil temen kinclong, sementara mesin mobil kite masih bluwek/dekil

buat yang belum pernah ngerjain, mencuci mesin itu agak nakutin. takut listrik korslet lah, atau pengapian banjir lah, etc. so gimana sih cara ngebersihin mesin?

... bahan-bahan:
1) ada mobilnya yang mau dibersihin
2) di mobil ada mesinnya
3) engine degreaser [harga mulai 20rb di carrefour. ada dari merk malaysia s/d merk jerman]
4) kuas cat
5) air ledeng plus selangnya
6) sikat besi [bentuknya seperti sikat gigi, satu set isi 3 = rp. 1500 di club store]
7) sikat gigi bekas [baru juga gak pa pa]
8) autosol [kalo belum tau, ini untuk mbersihin metal.. bentuknya kayak odol]
9) kain kompon
10) kantong plastik secukupnya
11) sarung tangan kain
12) amplas halus [hanya jika perlu]

cara:
- langkah pertama... target: membersihkan mesin dari tumpahan oli dan gemuk
1) panaskan mesin sampai hangat
2) pakai sarung tangan
3) menggunakan kantong plastik, tutupi aki [terutama port (+)], delco/distributor, koil dan karburator/throttle-body... untuk busi, jika karet penutupnya okeh, silahken dibiarken terbuka.. tapi jika nggak yakin, tutupi saja
4) semprotkan degreaser ke seluruh metal di mesin.. kotoran akan rontok dengan sendirinya
5) ngopi2 dulu 10-15 menit
6) menggunakan kuas, bersihkan kotoran yang masih menempel
7) semprot seluruh metal di mesin menggunakan air ledeng... kotoran akan turun ke bawah mesin
8) biarken mesin kering.. atau lap dengan kain kompon untuk mendjadiken lebih bersih

--- caution: hati hati menggunakan degreaser, karena beberapa merk sangat kuat sehingga dapat membersihkan kotoran sedemikian sehingga jika sedianya kotoran tersebut berada di sekitar seal/sekat mesin, maka seal akan menjadi bersih.. sedemikian bersihnya seal ini kadang membuat oli atau air yang dahulu terhalang kotoran dari bocor, malah menjadi bocor.. [so bocor ini bukan karena degreaser, tapi karena kotoran yang dahulu mengganjal bocor sudah tereliminasi oleh degreaser]

--- langkah kedua.. target: mengkilapkan mesin
9) setelah mesin kering, jika perlu, gunakan amplas halus untuk menggosok permukaan mesin.. disaranken amplas hanya digunaken untuk bagian mesin yang halus [seperti tutup exhaust, etc]. bukan di bagian mesin yang keriput [seperti tutup head mesin, etc]
10) lap menggunakan kain kompon
11) ambil sikat gigi... dan olesi kepala sikat gigi menggunakan autosol
12) sikat semua permukaan mesin
13) lap dengan kain kompon... gosoooook terus sampe pegeeeell xP x)))
14) jika masih ada yang tertinggal, ulangi mulai dari langkah 11 di bagian tersebut
langkah terakhir...
15) menggunakan sikat besi, sikati permukaan mesin [disaranken hanya untuk permukaan mesin yang keriput.. karena untuk permukaan yang halus agak sulit untuk menyikatnya.. lebe baek pakai autosol aja]

demikian semoga mobil kita jadi makin kinclong...

5 Comments:

Blogger balq said...

mao dong di cuciin..
ntar saya kasi pahala 1000 kali lipet dah..
wakakaka

balq

10:15 AM  
Blogger kutubusuk said...

bawa sini mobil, andong, gokart, helicak [eh bener ternyata di daerah menteng ada helicak satu biji masih berkeliaran aman sentosa.... pengen juga naik demi romantisme masa lalu, hehe]... bawa kemari semua, ane bikin bersiiiiiihh...

syaratnya atu: bawain agnes monica buat ngikut nemenin ane nyuci itu kereta, hehehe xD

3:50 PM  
Blogger damnlyweird said...

hai kutubusuk....ehehe..thanks for droping by....rajin2 la visit my blog...

1:54 PM  
Blogger snydez said...

(OT)
data khan disimpen di media penyimpanan, jadi kalo ada yang putus untuk switch dari dbserver ke appsserver, kalo gak salah pake tools dari servernya.. atau manual switch

(nggak OT)
{quote}... bahan-bahan:
1) ada mobilnya yang mau dibersihin{/quote}

nah ini.. bahan yang 1 ini ga punya :D

11:09 AM  
Blogger kutubusuk said...

di tempat gw ada kok satu.. kapan mo ngerjainnya?

2:52 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home